Cara Menjalankan Metro Apps/Universal Apps/Modern Apps Pada Windows 8/10 Menggunakan SSH Maupun Proxy

   Sesuai dengan judul postingan diatas, kali ini saya akan memberikan sedikit tips/trik menjalankan Universal Apps pada Windows 10, atau Metro Apps pada Windows 8 menggunakan SSH maupun Proxy. Bagi kalian yang sering menggunakan SSH/Proxy untuk browsing pasti mengalami kesulitan saat mencoba menjalankan Modern Apps pada Windows 8 maupun Windows 10. Sebelumnya saya sendiri juga kesulitan, kemudian setelah browsing kesana kemari akhirnya saya menemukan cara untuk menjalankan Modern Apps via SSH maupun Proxy.

   Biasanya para pengguna SSH memakai Bitvise dan Proxyfier saat surfing internet, tetapi sayangnya jika menggunakan Proxyfier kita tidak akan bisa menjalankan Modern Apps pada Windows 8 dan Windows 10. Sebenarnya saya punya 2 (dua) cara untuk mengatasi hal ini, tetapi kali ini saya hanya akan memberikan 1 (satu) cara saja, cara yang satunya lagi lain kali akan saya posting.

   Yang kalian butuhkan adalah sebuah software proxy forward semacam Proxyfier. Bedanya, software ini support untuk menjalankan Modern Apps pada Windows 8 dan Windows 10. Nama Softwarenya adalah ''Proxycap''

   Pertama silahkan kalian DOWNLOAD dahulu Proxycap nya. Setelah itu kalian instal Proxycap seperti software yang lain. Untuk pengaturannya silahkan kalian Baca tutorial dibawah ini:


1. Download lalu instal Proxycap
2. Buka program Proxycap
3. Klik sytem tray pada toolbar Windows (pojok kanan bawah)
4. Cari ikon Proxycap pada system tray, klik kanan, pilih Configuration
5. Klik jendela Proxycap, klik Proxies, lalu klik gambar kotak kecil dengan garis putus-putus

6. Kemudian pada Display Name isikan nama dengan 1080, Hostname isi 127.0.0.1 Port isi 1080 type pilih SOCK5, kemudian klik OK
7. Ulangi langkah 5 dan 6, tetapi pada Display Name isikan 1081 dan Port isi 1081. Kemudian klik opsi Chains, klik gambar kotak kecil dengan garis putus-putus
9. Display Name isikan Chain
10. Klik lagi gambar kotak kecil dengan garis putus-putus
11. Pilih 1080, ulangi langkah nomor 10, lalu pilih 1081, kemudian klik OK

12. Kemudian klik opsi Rules, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah

Klik tombol Add (kotak kecil dengan garis (putus-putus) lalu sesuaikan dengan gambar diatas
Direct = Adalah software yang tidak diforward via Proxycap (contoh: Bitvise, Inject)
Svchost = Untuk Svchost diatas hanya opsional, saya buat Rule untuk Svchost karena terkadang saya tidak ingin Windows saya mendownload Windows Update, jadi kadang Svchost saya Block
All Programs = Adalah semua aplikasi yang akan berjalan via Proxycap

CATATAN: Untuk urutan Rules, Rules dengan nama All Programs harus berada paling bawah, karena jika tidak maka tidak akan bisa digunakan untuk surfing internet. Atur urutannya dengan menggunakan tanda panah di pojok kanan atas. Jika sudah lalu klik OK

   Sampai disini pengaturan Proxycap sudah selesai dan bisa digunakan untuk menjalankan Modern Apps. Berikut adalah bukti Screenshot bahwa Proxycap bisa menjalankan Modern Apps.



Jika kalian ingin mendapatkan ESET Smart Security 9 Serial Key/Serial Code 2016 silahkan baca postingan ini.
   Sekian dulu untuk tutorial kali ini, semoga bermanfaat :)

Comments