Cara Share Wifi Dari Laptop/Komputer Tanpa Menggunakan Software

   

   Mungkin sekarang ini sudah banyak yang bisa share Wifi melalui Laptop/Komputer dengan menggunakan bantuan software seperti Baidu, Connectifity, My Wifi Router, dan masih banyak lagi. 
Beberapa waktu lalu saya juga sempat mencoba share Wifi dari laptop ke smartphone menggunakan software dari Baidu, karena jika share wifi menggunakan sofware memang simple, tinggal klik koneksi Wifi sudah jadi. Tapi entah kenapa koneksi device yang tersambung ke Wifi dari laptop saya sangat lambat, padahal kecepatan internetnya saat itu 100Mbps. Ini bukan pertama kalinya saya alami, sebelumnya saya juga mengalami masalah yang sama. Entah mungkin karena ada masalah pada softwarenya atau mungkin driver pada laptop saya yang bermasalah. Padahal saat biasanya saya share Wifi menggunakan perintah CMD (Command Prompt) tidak ada masalah apa-apa, koneksi lancar dan kecepatannya pun juga sesuai dengan bandwidth yang saya gunakan. Setelah dua kali saya dibuat kesal karena koneksi Wifi yang saya buat dengan bantuan software tidak memuaskan, akhirnya saya memilih untuk menggunakan cara lama saya yaitu dengan menggunakan CMD, tanpa bantuan software.

   Sesuai dengan judul postingan diatas, disini saya akan berbagi cara share Wifi dari laptop/komputer tanpa menggunakan software, tetapi kita akan menggunakan CMD bawaan Windows. Kelebihan dari cara ini adalah kita tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga seperti Baidu, Connectifity, ataupun My Wifi Router yang hanya akan menambah jumlah program yang akan terinstal di komputer kita. Kelebihan lainnya jika menggunakan CMD adalah tidak memberatkan kinerja laptop/komputer kita.


Baiklah jika ada yang mau mencoba share Wifi menggunakan CMD silahkan simak baik-baik langkah-langkahnya.


1. Pertama kita koneksikan dulu laptop/komputer kita ke internet. Bisa menggunakan koneksi Modem atau menyambung ke Wifi. Pada tutorial ini koneksi saya menggunakan modem.


2. Setelah modem/wifi sudah terkoneksi, selanjutnya kita buka Control Panel >> Network and Internet >> Network and Sharing Center >>  Change adapter settings

Lalu akan terbuka seperti gambar dibawah ini.



Diatas ada dua kotak masing-masing warna merah dan hijau.

- Kotak warna merah adalah koneksi yang sedang aktif
- Kotak warna hijau adalah Wifi Adapter Windows (Wireless Network Connection 2)
Penting. Hafalkan atau catat nama dari Wifi Adapter di laptop/komputer kalian. Disini punya saya adalah Wireless Network Connection 2

3. Perhatikan gambar diatas. Disitu koneksi yang sedang saya gunakan (gambar dengan kotak merah) adalah koneksi menggunakan modem (Dial-up).


4. Klik kanan pada koneksi yang sedang aktif tadi (kotak merah). Klik kanan >> Properties >> klik pada tab ''Sharing''. Kemudian centang ''Allow Connection Sharing''

Pada kolom dibawah Home networking connection kalian pilih nama Wifi Adapter di laptop/komputer kalian. Masih ingat nama adapternya? Baca penjelasan pada poin nomor 2.
Disini Wifi Adapter saya adalah Wireless Network Connection 2. Jika sudah silahkan klik OK.



5. Setelah langkah 1 sampai 4 sudah selesai, sekarang kita lanjut langkah berikutnya. Ketik CMD di kolom search pada Start Menu. Setelah ikon CMD muncul, klik kanan >> Run as administrator




Setelah CMD terbuka, ketikkan perintah seperti dibawah ini


netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=TERSERAH key=TERSERAH


Kemudian tekan Enter

Jika perintah sudah benar maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini



Kemudian ketikkan perintah lagi


netsh wlan start hostednetwork


Kemudian tekan Enter

Maka akan seperti ini



6. Selesai ! dengan begini kalian sudah share Wifi dari laptop/komputer kalian. Silahkan coba hubungkan smartphone kalian untuk mengujinya :)




Jika ingin menghentikan sharing Wifi nya, tinggal ketikkan perintah dibawah ini

netsh wlan stop hostednetwork
kemudian tekan Enter



Begitulah cara share Wifi dari laptop/komputer tanpa menggunakan software. Semoga bermanfaat.





Comments